Selasa, 29 Januari 2013

Fungsi Kendi Produk Kasongan



Kendi Gerabah Kasongan Salah Satu Produk  Kasongan

Kendi merupakan salah satu produk yang dihasilkan di Kasongan, produk ini merupakan salah satu produk favorit untuk rumah tangga bahkan dipakai di rumah makan besar untuk penghias interior mereka. Di Kasongan kendi banyak di beli atau diminati masyarakat sekitar sebagai tempat minum sehari hari, karna masyarakat biasa meminum air dari kendi ini untuk menuangnya. Rasa air di dalam kendi ini menjadi lebih segar dan dinginnya tidak kalah dengan air di dalam kulkas. 

Fungsi utama kendi gerabah adalah sebagai wadah penyimpanan air minum, agar air tetap dingin sepanjang hari. Karena kendinya berlubang, air langsung dapat dituang ke mulut melalui tanpa menyentuh mulut. Kendi juga dapat berguna sebagai wadah cairan seperti obat atau ramuan magis, seperti kendi di Jawa yang bertangkai panjang. Tangkai tersebut berfungsi untuk mencegah tutup terlepas dan airnya terbuang, bilamana digunakan seseorang yang terbaring di tempat tidur. Bentuk lain yang berfungsi sebagai wadah obat ialah kendi yang berlubang pada ujung lehernya dan berbentuk bawang.
Kendi juga dipakai sebagai alat upacara pada acara-acara tertentu, misalnya pada perkawinan. Air yang terdapat dalam kendi dianggap suci, murni, dan menyejukan, menjadi simbol perkawinan yang sempurna. Di Jawa Barat, pada upacara perkawinan, mempelai wanita membasuh kaki mempelai pria dengan air dari kendi, setelah upacara pemecahan telur. Upacara basuh kaki melambangkan kesetiaan seorang istri terhadap suaminya.
Kendi juga dipakai pada acara sakral misalnya pada waktu upacara pemberangkatan jenazah dari rumah duka menuju pemakaman. Dalam upacara tersebut seringkali masyarakat Jawa Tengah memecahkan kendi yang berisi air. Para peziarah yang akan ke makam sanak keluarga biasanya juga membawa kendi berisi air untuk disiram ke atas kuburan dengan tujuan agar untuk menyejukan arwah yang meninggal.
 

2 komentar:

  1. Salam,

    Apakah kendi kasongan ini dikirim juga ke daerah lain di Indonseia?
    Bila iya, dimanakah titik distribusinya di Bandung, Jawa Barat bisa saya dapatkan?

    terima kasih ..

    BalasHapus
  2. Salam,

    Untuk produk Kendi Kasongan sendiri sudah menyebar di beberapa wilayah Indonesia, produk ini biasannya bisa anda dapatkan di toko kelontong / toko bunga yang menjual produk berbahan sama yaitu pot bunga, jika memang anda tidak menemukan maka carilah info pasar kerajinan di sekitar anda. Distribusi sendiri biasannya bersamaan dengan peredaran pot tanaman yang berbahan tanah liat.
    Untuk distribusi kendi di Bandung sendiri kami belum mencari info pastinya, tapi garis besarnya pemasaran produk adalah tersebut di atas.

    Terimakasih atas pertanyaannya untuk Dickrønéz Nainggolan.

    BalasHapus