Jumat, 15 Februari 2013

Fungsi Pot Produk Kasongan



Pot adalah salah satu media untuk menanam tanaman yang biasanya berbentuk bundar mengerucut ke bawah sebagai pengganti tanah halaman untuk menanam tanaman baik tanaman hias ( angrek, mawar, melati dll ) atau tanaman buah buahan seperti kedondong, rambutan dll.

Desa Kasongan ini merupakan salah satu pensuplai pot untuk media menanam tersebut di Indonesia, bahkan pot-pot untuk menanam ini sering dikirim ke berbagai wilayah Indonesia baik ke Bali-Solo-Semarang dan kota kota besar lainnya.


Keistimewaan dari pot yang dihasilkan oleh Desa Kasongan adalah di dalam pot tersebut hampir menyerupai bahan alami yang berarti bagus untuk pertumbuhan tanaman yang di tanam di pot ini. Karena pot keramik kasongan dibuat dari bahan alam yaitu tanah liat dan kemudian dibentuk menjadi pot secara hand made dan kemudian masuk ke proses pembakaran tanpa di tambahkan bahan apapun sehingga ramah terhadap tanaman rumah atau tanaman buah buahan. Selain bahan yang alami pot hasil kerajinan kasongan ini juga mempunyai daya resap yang hampir sama dengan tanah, mungkin jika kita menyiram tanaman pot bunga kita dengan air yang berlebihan maka tanaman tersebut lambat laun akan mati karena terlalu banyak air, nah beda dengan pot hasil kerajinan Kasongan ini karena jika air terlelu banyak maka air di pot akan meresap dan dikeluarkan dari pori2 pot Kasongan ini sehingga kadar air tetap terjaga tidak terlalu banyak, beda dengan pot cor bahan bangunan yang harus ekstra hati2 dalam menyiram tanaman. Ini karena pot dari bahan alami tanah liat tadi yang merupakan salah satu keistimewaan tersendiri dalam pot Kasongan ini.

Hasil produk pot dari Kasongan juga bermacam-macam bentuknya, dan bentuk ini dapat disesuaikan dengan pesanan, bahkan pot ada yang berukuran hingga tinggi 1 meter dengan diameter 80cm dan ada juga ukuran kecil untuk tanaman bibit seperti gelombang cinta yang pernah booming di Indonesia.

Jika anda berminat membeli salah satu produk ini maka anda dapat membawa dengan kendaraan anda sendiri, dan jika memang tidak memungkinkan maka barang dapat dikirim dengan pengiriman yang ada di Desa Kasongan.

0 komentar:

Posting Komentar