Minggu, 26 April 2015

Seniman adakan acara "Sehari Boleh Gila" di Kasongan

Salah satu peserta aksi boleh gila melakukan sapu bersih di sepanjang jalan Kasongan

BANTUL (KRjogja.com) - Kepala Dinas Kebudayaan (Kadisbud) DIY, Umar Priyono turut hadir dalam festival Sehari Boleh Gila di Desa Wisata Kasongan, Rabu (15/4/2015) sore. Kepada wartawan, Umar mengatakan jika festival tersebut masih dalam tataran unik dan kurang� begitu 'gila'.

Namun menurut Umar, sebuah karya seni bukanlah dilihat dari penilaian di awal karena festival ini baru pertama kali diadakan di luar institusi pendidikan. Memang, festival tersebut tahun-tahun sebelumnya selalu diadakan di Institut Seni Indonesia.

"Menurut saya masih kurang gila, masih dalam tataran unik saja. Namun kita biarkan dahulu karena seni itu berjalan seiring waktu, pasti nanti semua belajar agar kedepan semakin baik lagi dan tentunya menyumbang ruang untuk berkesenian tentunya," ungkapnya.

Umar beranggapan jika acara yang terkesan kurang terkonsep dengan matang ini nanti akan berkembang lebih baik lagi di tahun-tahun berikutnya. "Pasti akan lebih baik, karena seni itu berdinamika secara terus menerus, saya pribadi yakin acara ini akan semakin baik apabila terus digelar setiap tahun," imbuhnya.

Namun Umat tetap mengapresiasi langkah panitia yang menggabungkan unsur kesenian dengan hari seni internasional yang juga bertepatan dengan hari lahir Leonardo Da Vinci yang merupakan tokoh seni dunia.

"Berarti kan juga ada kaitan dengan bagaimana berpikir out of the box seperti yang digagas Da Vinci pada saat itu. Saya tetap mengapresiasi dan berharap kedepannya jauh lebih baik lagi," ungkapnya lagi.

Selain itu, pihaknya juga mengapresiasi kemampuan penyelenggara untuk menggandeng beberapa akademisi untuk bersama turut serta dalam kegiatan yang baru pertama kali dilakukan di Kasongan tersebut. "Pesertanya bisa cukup banyak dan dari banyak elemen masyarakat jadi cukup bagus untuk acara yang baru pertama kali diadakan ini," pungkasnya.

Sementara itu ketua panitia Sehari Boleh Gila, Timbul Raharjo mengatakan jika pihaknya akan terus melakukan evaluasi kedepannya agar penyelenggaraan acara semakin baik. "Kami akan terus melakukan evaluasi bersama agar kedepan semakin baik acaranya, banyak masyarakat yang terlibat dan semakin meriah lagi," ungkapnya. (*-33)

Sumber : http://krjogja.com/read/256579/wah-sehari-boleh-gila-unik.kr | Danar Widiyanto | Rabu, 15 April 2015 | 17:40 WIB | Dibaca: 648 | Komentar: 0

Lihat cuplikanya disini :
<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/EGnseWkYOhM" frameborder="0" allowfullscreen></iframe>

0 komentar:

Posting Komentar